Kamis, 13 Maret 2014

Tanda dan gejala keracunan makanan

Banyak jenis-jenis makanan yang kita konsumsi terkadang malah berbahaya buat kesehatan dan dapat menyebabkan keracunan. seperti jamur beracun. pada umumnya jamur tidak berbahaya namun pada sebagian jamur ada yang tidak boleh dikonsumsi. Selain jamur ada juga beberapa jenis-jenis makanan yang menyebabkan keracunan. sebenarnya bukan hanya makanan, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan keracunan. contohnya keracunan akibat obat-obatan. bisa terjadi karena kesalahan dosis dan penggunaan yang tidak tepat, kemudian ada jugakeracunan akibat zat-zat kimia seperti Insektisida dan penyebab keracunan lain.

Tanda dan gejala keracunan makanan

Keracunan makanan bisa terjadi karena kita mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang sudah terkontaminasi dengan virus bakteri atau jamur, contohnya Enterotoksin stafilokokus yang terdapat dalam makanan yang sudah basi. Selain itu pada anak-anak balita sering juga dijumpai kasus keracunan Accidental Poisoning Merupakan jenis keracunan karena kecelakaan dan tanpa disengaja. Seperti kebiasaan anak-anak yang sering memasukkan benda-benda asing kedalam mulutnya baca juga artikel saya sebelumnya tentang Jenis dan cara penanggulangan penderita keracunan

Tanda dan gejala keracunan makanan

Gejala-gejala keracunan makanan yang paling sering terjadi antara lain sebagai berikut :
  1. Pusing
  2. Nyeri dan Kram perut, mual dan muntah
  3. kemungkinan terjadi Diare
  4. Berkeringat, kemungkinan adanya alergi pada kulit
  5. Hilang kesadaran atau tingkat kesadaran yang menurun
  6. Kemungkinan terjadi Gangguan penglihatan dan kebingungan ( linglung)
  7. keluar cairan yang tidak normal dari dalam mulut dan sakit tenggorokan
  8. lemas dan kelumpuhan / hilang fungsi otot tubuh
  9. Kejang-kejang. ini merupakan salah satu ciri-ciri keracunan makanan yang parah

Cara Penanganan keracunan makanan

Jika anda atau keluarga anda mengalami beberapa tanda-tanda keracunan makanan seperti yang telah dijelaskan diatas, yang harus anda lakukan adalah Usahakan agar penderita memuntahkan makanan yang telah dimakan, Jaga jalan nafas agar terbuka. bersihkan mulut dari sisa-sisa muntah dan air liur dan berikan air minum sebanyak-banyaknya. 

Dan Segeralah meminta pertolongan medis atau cepat-cepat bawa kerumah sakit karena sebagian keracunan ( keracunan Berat ) harus mendapatkan pertolongan medis untuk menghindari dampak yang lebih buruk seperti dehidrasi, henti jantung dan kematian. Sekian Update kali ini yang berjudul Kenali tanda dan gejala keracunan makanan berikut. semoga bermanfaat dan terima kasih.


EmoticonEmoticon