Kamis, 13 Maret 2014

Membuat Toko Online Cuma 15 Menit

Tags


Membuat Toko Online Membuat Toko OnlineMembuat toko online tidaklah begitu sulit untuk dilakukan, baik itu oleh seorang pemula sekalipun dalam hal dunia website. Dengan postingan ini saya ingin sharing dengan Masbro/Mbasis untuk membuat toko online dengan mudahnya dan tidak lama dalam pengerjaannya, karena jaman sudah serba instant. Membuat toko online bisa dikatakan sangat berguna bagi Masbro/Mbasis yang berbisnis dalam penjualan produk dengan market serta jaringan yang lebih luas.
Jangan merasa bingung dan takut untuk membuat toko online hanya karena alasan tidak bisa ataupun tidak mengerti membuat website, karena semua itu bisa dilakukan sambil berjalan dengan mencari pengetahuan dari search engine ataupun forum-forum yang terkait berhubungan dengan membuat toko online atau website. Dengan panduan postingan ini membuat Toko Online akan jadi dalam waktu 10 menit, Mau???

Membuat Toko Online Memiliki Banyak Keuntungan

Membuat toko online banyak sekali manfaat serta keuntungannya dan juga bisa menjadi pendukung usaha Masbro/Mbasis dalam usaha offline-nya. Berikut di bawah ini saya akan coba berikan gambaran keuntungan-keuntungan yang didapatkan dari hasil membuat toko online sesuai eksperimen serta yang saya jani selama ini :
  • Tidak memerlukan modal atau tempat yang memakan biaya besar, cuma dengan 250rb/thn sudah bisa membuat toko online dengan mendapatkan hosting sebagai tempat toko dan domain sebagai nama toko.
  • Bisa dikerjakan sendiri dan tidak perlu biaya tambahan untuk menggaji karyawan.
  • Toko online 24 jam tanpa harus ditunggu.
  • Jaringan pelanggan akan lebih luas, karena toko online bisa diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia.
  • Toko bisa dipantau dari manapun dengan cukup koneksi ke internet.
  • Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya dari membuat toko online.

Membuat Toko Online Step by Step

Membuat toko online berikut di bawah ini kita langsung saja untuk praktek pembuatannya dari mendapatkan script, upload file ke hosting, membuat database, installasi website toko online, serta koneksikan database dengan script toko online-nya. Dalam membuat toko online ini saya menggunakan OpenCart versi 1.5.3.1 dan untuk Masbro/Mbasis ingin lebih lanjut sedikit memahami apa itu opencart, bisa berkunjung ke hxxp://opencart.com
Langkah-langkah membuat toko online sebagai berikut :
1. Download file versi secara gratis langsung dari opencart di hxxp://opencart.com/index.php?route=download/download
membuat toko online opencart 01 300x152 Membuat Toko Online
2. Simpan file zip opencart yang di download pada komputer
membuat toko online opencart 02 300x212 Membuat Toko Online
3. Setelah download source file opencart dan menyimpannya dikomputer. Sekarang langsung menuju hosting dan login cPanel Masbro/Mbasis untuk menempatkan file opencart tersebut.















4. Setelah login dan memasuki cPanel, langsung cari dan klik icon File Manager
manual installasi wordpress 04 300x103 Membuat Toko Online
5. Pilih Root directory untuk penempatan file OpenCart
manual installasi wordpress 05 300x223 Membuat Toko Online
6. Upload file .zip  opencart yang pada langkah kedua tadi disimpan pada komputer masbro / mbasis dengan meng-klik icon upload di atas.
manual installasi wordpress 06 300x82 Membuat Toko Online
manual installasi wordpress 07 300x79 Membuat Toko Online
membuat toko online opencart 03 300x224 Membuat Toko Online
7. Menunggu proses upload file Opencart sampai terlihat complete
membuat toko online opencart 04 300x40 Membuat Toko Online
8. Setelah upload complete, langsung kembali ke file manager dan ekstrak file .zip Opencart (* pastikan file .zip sudah diblok dan baru klik icon ekstrak yang ada di atas)
membuat toko online opencart 05 300x116 Membuat Toko Online
9. Ekstrak File .zip Opencart telah berhasil dan untuk menghemat space hosting karena file .zip sudah tidak digunakan lagi langsung hapus saja dengan klik icon delete yang ada di atas. (* pastikan jangan sampai salah delete file)
membuat toko online opencart 06 300x163 Membuat Toko Online
10. Karena file hasil zip opencart yang di ekstrak tidak ada dalam root directory, melainkan masih berada dalam folder upload. Maka kita harus memindahkan file yang ada di dalam folder upload tersebut dengan cara klik dua kali foldernya.
membuat toko online opencart 07 300x79 Membuat Toko Online
membuat toko online opencart 08 300x172 Membuat Toko Online
11. Sekarang untuk memindahkan file yang dalam folder upload naik satu level ke root directory atau public_html dengan cara klik link select all > Move File
membuat toko online opencart 09 300x237 Membuat Toko Online
membuat toko online opencart 12 300x84 Membuat Toko Online
12. Untuk penempatan file yang benar, hapus tulisan upload dan hanya tersisa /public_html/ sehingga didapatkan folder tersebut kosong, kemudian langsung klik up one level
membuat toko online opencart 13 300x251 Membuat Toko Online
membuat toko online opencart 14 300x252 Membuat Toko Online
membuat toko online opencart 15 300x66 Membuat Toko Online
13. Folder upload karena sudah kosong tentunya sudah tidak bermanfaat lagi, jadi di delete saja.
membuat toko online opencart 16 300x276 Membuat Toko Online
14. Selesai sudah tahap upload dan beres-beres di File manager, sekarang kembali lagi ke halaman cPanel masbro / mbasis dalam untuk tahap selanjutnya yakni membuat database. Pada cPanel cari dan klik icon MySQL Database Wizard
manual installasi wordpress 23 300x62 Membuat Toko Online
15. Pada MySQL Database Wizard masbro / mbasis step 1 akan dipandu untuk membuat database baru, silahkan masukkan nama data base sesuai yang diinginkan kemudian klik tombol Next Step.
manual installasi wordpress 24 300x97 Membuat Toko Online
16. Dan dilangkah kedua ini masbro / mbasis dipandu untuk pembuatan username dari database dengan maksimal tujuh karakter, yang bisa berupa pengabungan huruf dan angka. Dan mengenai passwordnya bisa gunakan password sesuai keinginan sendiri, apa bila ingin dibuatkan agar menjadi unik klik saja tombol password generator. (* kalau saya pribadi biasa menggunakan password generator).
manual installasi wordpress 25 300x175 Membuat Toko Online
manual installasi wordpress 26 300x172 Membuat Toko Online
manual installasi wordpress 27 300x179 Membuat Toko Online
17. Simpan pada username + database name + password sesuai gambar dalam kotak dibawah ini, karena akan diperlukan nanti untuk bagian langkah selanjutnya.
manual installasi wordpress 28 300x256 Membuat Toko Online
18. Selesai sudah dalam pembuatan nama database + username database beserta passwordnya
manual installasi wordpress 29 300x123 Membuat Toko Online
19. Setelah upload file dan pembuatan database selesai, sekarang menuju tahap akhir dari postingan membuat toko online yakni dengan installasi website. langsung saja buka browser baru dan ketikkan nama domain masbro / mbasis yang contoh manual installasi joomla di sini adalah website http://indobisnis.info maka akan muncul gambar seperti di bawah , bila ada waktu luang masbro/mbasis bisa baca-baca public license-nya atau bisa langsung klik tombol continue untuk ke tahap selanjutnya.
membuat toko online opencart 17 300x212 Membuat Toko Online
20. Pada tahap ini adalah pre-installation yang maksudnya adalah untuk cek ulang atau memastikan tidak ada error, bila semua sudah tercentang dengan baik, langsung saja klik tombol continue
membuat toko online opencart 18 300x290 Membuat Toko Online
21. Step ketiga dalam installasi sangat penting karena berhubungan dengan koneksi script opencart dengan database yang telah dibuat pada langkah nomor 17 (tujuh belas), isi semua kolom dan pastikan dengan benar agar tidak terjadi error / kesalahan. Kemudian klik tombol continue untuk tahap finishing.
membuat toko online opencart 19 300x208 Membuat Toko Online
22. Ini adalah tahap akhir dari installasi website membuat toko online dengan opencart, perhatikan tulisan yang di dalam kotak pada gambar yang maksudnya adalah menghapus folder install yang ada dalam file manager agar saat ketikkan nama domain nanti tidak kembali lagi tahapan installasi ini. Masbro bisa pilih salah satu untuk masuk rung admin atau langsung melihat hasil dari installasi ini.
membuat toko online opencart 20 300x211 Membuat Toko Online
membuat toko online opencart 21 300x259 Membuat Toko Online
22 a. untuk memasuki ruang admin bisa gunakan alamat hxxp://domain.com/admin/ (* hxxp ganti http) kemudian isi username serta password dan login.
membuat toko online opencart 22 300x181 Membuat Toko Online
22 b. Setelah berhasil login dan memasuki Ruang Administration bisa utnuk melihat hasil tampilan halaman utama dengan klik link store front yang berada di kanan atas
membuat toko online opencart 23 300x90 Membuat Toko Online
23 c. Selamat atas berhasilnya membuat toko online
membuat toko online opencart 24 300x131 Membuat Toko Online
Selesai sudah postingan dari saya ini, cara membuat toko online. Sangat senang sekali bisa berbagi dengan masbro / mbasis. Semoga bisa bermanfaat dan tidak lupa salam sukses selalu.

5 komentar

Tips trik membuat toko online yang singkat
Namun hasilnya maximal yah Mas Rinus
Kunjungan perdana sekaligus blogwalking.
Sialahkan kunjungi lagi http://karristaent.blogspot.com
Kalau perlu saling Follow blog agar kita saling berbagi dan membantu
Mas salam sukses :-d

dari sekian banyak tips diatas,apakah template juga harus mendukung mas, misalnya kita gunakan template yang bertema online gitu

ia kang hahaha

Siap.......

salam sukses juga mas Saud

@ mba Devy : Betul untuk hasil yg maksimal kita mesti pake template berteme online juga. terima kasih untuk komentarnya :D

tadi sempatin juga jalan" ke Blog mbak semua artikelnya menarik :D

Membuat toko online ternyata gampang-gampang susah juga ya.


EmoticonEmoticon