Sabtu, 30 April 2016

Cara Membuat Video Stop Motion Dengan Aplikasi Android PicPac

Melihat video yang didalamnya terdapat gerakan-gerakan yang kurang halus atau berupa video yang hanya beberberapa gerakan saja yang diulang-ulang membuat yang melihatnya akan berdecap kagum. Ada kemungkinan si pembuat video tersebut menggunakan teknik video Stop Motion yang memang selalu menggunakan hanya beberapa gambar saja untuk dijadikan satu supaya video tersebut menjadi menarik.

lalu apa yang dimaksud dengan Stop Motion ? . Stop Motion bisa dikatakan sebagai teknik animasi untuk membuat satu objek menjadi lebih menarik yang menggunakan beberapa frame dari objek tersebut dan dijadikan menjadi satu yang digerakan secara berurutan agar telihat lebih alami atau natural. Sebagai contohnya kita akan menggerakan satu boneka yang akan di buat sebuah video yang nantinya boneka tesebut terlihat seakan-akan bergerak berjalan dengan cara merubah posisi tangan atau kaki boneka ke depan dan kebelakang lalu boneka tersebut di photo dengan posisi yang berbeda-beda serta semua photo tersebut dijadikan satu yang akhirnya menjadi video yang menarik.

Bagi pengguna android yang ingin membuat video dengan teknik stop motion bisa menggunakan aplikasi android PicPac, karena dengan aplikasi ini akan sangat memudahkan membuat video stop motion dengan berbagai cara yang bisa dilakukan mulai dari merekam langsung dengan kamera yang ada di perangkat android maupun melalui beberapa photo yang sudah ada dan digabungkan menjadi satu.

Untuk mendapatkan aplikasi ini kita bisa mengunduhnya secara gratis di Google Playstore, PicPac memiliki ukuran file sebesar 28 MB saat diunduh dari google playstore dan setelah di instal pada perangkat android akan berubah menjadi 60 MB saja, yuk intip kemampuan dan apa saja yang ada di dalam aplikasi android PicPac ini.

Aplikasi PicPac secara umum sudah menyediakan beberapa fitur yang user friendly atau mudah dipahami oleh si pemakai atau user karena beberapa menu sangat mudah di jalankan seperti :

1. Folder

Menu folder ini berada di bawah atau berbentuk seperti folder yang terbuka. Di menu Folder ini terdapat beberapa menu tambahan seperti Duplicate, Merge, Collage dan Delete, untuk Duplicate dan Marge adalah untuk versi pro yang hanya bisa digunakan apabila sudah melakukan pembelian aplikasi ini.

Sebagai contoh memilih college maka pilihlah image atau video yang berada di bawahnya, setelah itu selanjutnya akan masuk ke select pictures dan pilihlah gambar-gambar yang akan di jadikan stop motion. Select Pictures ini juga memiliki beberapa pilihan seperti Select All, everse, Delete dan pengaturan Speed video stop motion yang akan dibuat.

Setelah pengaturan Select Pictures selesai, selanjutnya pengaturan video setting dimana judul, size, font dan pengaturan untuk video dapat di ubah disini.

2. Create a Project

Untuk membuat projek video baru, maka harus menambahkan terlebih dahulu sebuah video atau photos ke dalam aplikasi Pic Pac ini. Silahkan tekan tombol tambah (plus) maka akan terbuka menu create a project dan disini ada Video to photo, take photo, local photo dan use istagram.

Video to photo adalah menambahkan sebuah video baru dan nantinya akan dirubah menjadi photo dengan beberapa frame.

Take photo adalah mengambil photo secara langsung dengan kamera yang dimiliki oleh perangkat android.

Local photo adalah menambahkan photo atau image langsung dari local memory yang dimiliki sehingga tidak harus menggunakan kamera photo kembali.

Use istagram adalah mengambil gambar-gambar dari istagram.

3. Logo pertemanan

Klik logo pertemanan yang ada di bagian bawah dan akan menampilkan berbagai macam tutorial cara membuat video stopmotion dengan mudah baik dari video youtube, istagram,membuat lego, moster dan lain sebagainya sehingga akan sangat membantu dalam proses pembutan video stop motion dengan aplikasi Pic pac ini.

Apabila masih kurang memahami cara penggunaan aplikasi picpac, silahkan buka pada menu setting ( icon roda gerigi) yang berada di bawah sebelah kanan pojok. Di bagian ini sudah tersebut berbagai macam pengaturan dan juga ada tips-tips menarik didalamnya yang bisa digunakan untuk memahami bagaimana cara penggunaannya.

Sebenernya aplikasi untuk membuat video stop motion sangat banyak mulai dari aplikasi tersulit sampai aplikasi termudah. disini menggunakan aplikasi picpac dikarenakan kemudahan dalam menjalankannya sehingga pembuatan video stop motion menjadi lebih cepat selesai.


EmoticonEmoticon