Minggu, 08 Juni 2014

Runtime error '20533' Unable to Open Database pada CristalReport VB

Betapa terkejutnya seorang mahasiswa ketika presentasi program dihadapan dosennya, setelah semalaman berjuang design, coding dan buat report tak lupa berulang-ulang dicoba dan lancar-lancar saja. Setelah di pindah ke komputer lain (-kebetulan di path yang berbeda-) saat ingin menampilkan report (deeangan crystal report) tiba-tiba ada pesan aneh di programnya. Duonkkkk! debug dech he3 ...
Runtime error '20533'

Unable to Open Database
Kemudian di jendela coding ada tanda kuning2 pada tulisan
....
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1

Ada apa gerangan ??
Coba dech kubantu masalahnya, setelah ku coba artikan via Google Translate , maklum english-ku very poor ^_^. Artinya adalah "tidak dapat membuka database", 
"Sudah kubolak-balik mas codenya tetep aja nggak bisa," pembelaan mereka
"Setiap Penyakit ada obatnya, bila obat tepat mengenai suatu penyakit, maka hilanglah ia...betul? "betul-betul-betul"
"Kalau sudah dibolak-balik tetep nggak bisa, berarti bukan codenya yang salah, ayo balikin lagi!!!"
Lalu apa?, Yang pasti masalah terjadi di file reportnya. Saat dibuat(design), Report merecord path database (-misalnya di c:\db1.mdb-) ketika project VB beserta isinya di pindah ke path lain (-misalnya di d:\db1.mdb-) Report tidak akan secara otomatis mengenali database karena yang ada dalam catatan/ingatanreportnya, pathnya adalah di c:\db1.mdb.  Intinya  report  gagal membuka database karena memang  tidak ada dalam path dimaksud.
Solusinya ?

Pertama buka report yang bermasalahmemang tidak ada masalah apa-apa saat report di buka, untuk mengetahui masalah apa yang terjadi sebenarnya, coba tekan F5 atau tanda petir ()pada toolbar, bila ada konfirmasi "Refresh report data?" tekan OK, nah ketahuan lo..., akan muncul message box sambil berbunyi 'thuling ...' "Error Opening File. File could not be Found, dst ..." Kemudian di preview report tidak akan tampil apa-apa.

Penting !!! Apabila Anda tidak yakin dengan yang Anda lakukan, sebaiknya Save As Report yang sedang di obok-obok dengan nama lain.

Kita Lanjutkan ya! untuk menyelesaikan masalah ini, lakukan langkah-langkah di bawah ini dengan seksama.

Pilih Menu>> Database>Set Location ... kemudian akan muncul jendela seperti dibawah ini

.
Jendela set location
Ganti saja pada kotak yang ditandai dengan path yang baru (-misalnya :t_penjualan!D:/db1.mdb-), kemudian tekan Done. tekan F5 atau tanda petir ()pada toolbar. Muncul dech reportnya. Nah tapi kalau dipindah lagi ke path yang lain ngubah lagi dunk ??? Betul.
Anda dapat menggunakan tombol 'Same As report' pada jendela Set Location, kemudian tekan 'Done', dengan begitu tidak usah repot-repot lagi set location ketika file dipindah ke lain path. Tetapi cara ini ada syaratnya, yaitu lokasi database (-misal : db.mdb-) dan file report (-misal : report1.rpt-) harus berada dipath yang sama seperti gambar dibawah ini.
  
 Posisi report dan database harus di path yang sama

Selamat mencoba! semoga bermanfaat. Kalau ada sobat yang punya pengalaman lain mohon untuk bisa menambahkan terima kasih.

Sumber : Dari Sini

2 komentar

Pake ini aja mas:
App.Path & IIf(Right$(App.Path, 1) <> "\", "\", "") & "NAMA-DATABASE"

k'lo database nya pake mysql gimana ?


EmoticonEmoticon