Senin, 02 Juni 2014

Perpanjang STNK Motor Leasing

Tidak terasa masuk juga di bulan Maret. Banyak pekerjaan yang sudah mendekati deadline. Pusing namun mesti Semangat !!!. Sebentar lagi mendekati hari libur nyepi tanggal 12 Maret 2013 dan asyiknya dapat libur untuk tanggal 11 Maret 2013. Akhirnya bisa dapat libur panjang juga nie.
Sehabis pulang dari Mall , saya ingin memasukkan STNK kedalam dompet sebelum dimasukkan iseng saya ingin melihat habis waktu STNK. Mmm ternyata tanggal 28 maret ini. Secepatnya saya buat rencana untuk perpanjangan STNK.
Biasanya pada saat perpanjangan STNK saya pasti mengambil Formulirnya terlebih dahulu biar g stess pada saat pengisian dan persiapan dokumen pendukungnya maklum keadaan yang padat,sesak dan pelayanan yang tidak ramah pada saat di kantor SAMSAT.
Perpanjangan STNK kali akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, selain beli motor dengan kredit dan masih belum lunas, maka BPKB pun juga belum bisa menjadi hak milik deh. Selain itu alur perpanjangan STNK nya pun berbeda. Yang pada 2 tahun lalu perpanjangan STNK motor dilakukan dalam satu lantai yaitu di lantai 2  dan proses nya pun  sebagai berikut :
  1. Pengisian formulir di lantai 1/Dasar
  2. Pengecekkan dokumen perpanjangan STNK. Oleh petugas SAMSAT dilantai 2 loket 1
  3. Pembayaran Perpanjangan STNK pada loket 2
  4. Pengambilan  STNK pada loket 3.
Ok berbekal pengalaman 2 tahun lalu saya akan coba untuk melakukan sendiri untuk tahun 2013 ini. Berikut perjalanan saya dalam melakukan perpanjangan STNK di SAMSAT Bekasi.
Jumat , 8 Maret 2013
Pada malam harinya saya menyiapkan rencana untuk mempersiapkan waktu dan dokumen untuk perpanjang STNK. Ok berikut dokumen-dokumen untuk perpanjang STNK:
  1. Formulir Perpanjang STNK Motor à saya akan ambil besok di SAMSAT Bekasi
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi STNK à Posisi antara lembar 1 dan lembar 2 dijadikan satu copyan.
  4. KTP Asli
  5. STNK asli
  6. Fotokopi BPKB
  7. BPKB asli hanya untuk ditunjukkan
Nah untuk Point 6 dan 7 nie. Saya tidak punya karena BPKB masih ditangan leasing motor. Menurut prosedur leasing apabila ingin perpanjang STNK maka pihak leasing akan memberikan surat keterangan dan fotokopi BPKB. Karena saya pengguna motor Yamaha vixion dan tukang yang kreditin adalah BAF. Maka besok saya akan rencanakan untuk ke tukang kredit dulu yakni di Ruko Grand Mall Bekasi. Untuk meminta surat keterangan dan fotokopi BPKB.
Sabtu , 9 Maret 2013
Tepatnya jam 8 pagi selepas sarapan saya pergi ke kantor SAMSAT Bekasi sebelumnya saya ambil duit dulu nie buat sekalian bayar kreditan motor.
Masuk parkiran kantor SAMSAT Bekasi, Bayar parkir 2,000 rupiah. Setelah parkir motor, terasa ada yang berbeda pada ruangan dasar SAMSAT Bekasi ada penambahan loketPengecekkan Pajak Progresif dan ruangannya pun terlihat lebih luas sepertinya sudah direnovasi nie.  Setelah melihat sekilas, saya bergegas menuju loket pengambilan formulir sedikit bingung, dimana pengamibilannya. Setelah diteliti kembali posisi nya ternyata sebelah kanan dari pintu masuk, lalu menghampiri petugas untuk meminta formulir perpanjang STNK , seperti biasa pelayanan nya tidak ramah. Namun datar seperti jalan aja. Pada saat pengambilan ada yang aneh kenapa kondisi SAMSAT ko sepertinya tidak ramai seperti biasanya. Akhirnya mendapat penjelasan bahwa sistem komputer nya lagi bermasalah. Pantesan SEPI., kukira pelayanannya sudah cepat…
Setelah mengambil formulir dengan tanpa biaya tambahan saya langsung ke kantor BAF untuk mengambil Surat Keterangan dan fotokopi  BPKB.
Minggu , 10 Maret 2013
Saya memastikan dokumen yang dibutuhkan sudah ada semua lalu merapikan dokumen menjadi satu. Berikut urutan dokumen dari paling bawah sampai paling atas :
  1. Fotokopi BPKB
  2. Surat Keterangan Leasing BAF
  3. Formulir Perpanjang STNK
  4. Fotokopi STNK
  5. STNK Asli
  6. Fotokopi KTP
  7. KTP Asli
Mmm, sepertinya ada yang tertinggal , O ya surat pengesahan. Biasanya pada saat pengambilan Formulir pasti disertai surat pengesahan/ Tanda terima, kenapa kali tidak. Sebaiknya besok saya tanyakan ke petugas mengenai Hal ini.
Senin , 11 Maret 2013
Berangkat dari rumah kurang lebih jam setengah delapan –an. Sampai di kantor SAMSAT Bekasi, parkir motor di dalam sudah penuh. Akhirnya parkir diluar , posisinya ujung blok dari kantor SAMSAT , tempat parkir odong-odong kayanya.
Setelah memarkir motor bergegas saya menuju pengambilan fomulir untuk menanyakan mengenai surat pengesahan dokumen. Sesuai prediksi pelayanan nya tidak ramah, berikut cuplikannya :
  • Saya      : Pagi Pak, boleh saya minta Surat pengesahan atau surat resi ?
  • Petugas : MAKSUD NYA !!. CoBA LIHAT DOKUMEN NYA Seperti APA ?!
  • Saya (Mengeluarkan dokumen yang sudah saya jadikan satu), Ini Pak !
  • Petugas : Hmm.. DaRI LeasING YA.. SILAHKAN KE Lantai 3 Untuk Verifikasi Dokumen.
  • Saya      : Ok. Terma Kasih P .
Setelah mendapat keterangan dari petugas , saya bergegas menuju lantai 3, namun ada sedikit pertanyaan dalam diri saya. Lantai 3 adalah tempat untuk mengurus STNK mobil. Kenapa mesti ke lantai 3, apakah memang ada penambahan loket baru?..
Sesampai nya di lantai 3. Benar kan kekhawatiran saya mulai muncul, dimana loket untuk verifikasi dokumen. Setelah di teliti ternyata tempatnya sebelah kanan dari posisi tangga. Disitu ada tulisannya perpanjang Leasing kalau tidak salah. Saya taro dokumen saya, lalu dicek oleh petugas kebetulan pada saat ke loket ini tidak begitu antri jadi g stress. Proses verifikasi atau legalisir ini ternyata tidak gratis, saya perlu membayar sebesar 20,000 rupiah. Dari loket ini saya mendapatkan cap di dokumen saya dan mendapatkan surat resi/surat pengesahan serta keterangan petugas bahwa , setelah ini pergi ke lantai 2 . Taro dokumen di loket 1(perpanjang STNK) dan tunggu di loket pembayaran. Pikir saya wah asyik nie tidak perlu tunggu verifikasi dokumen di loket verifikasi lantai 2.
Ternyata !!!. Pada saat saya ingin menaruh dokumen di loket pengesahan di lantai 2. Saya mendapat konfirmasi dari petugas merapihkan dokumen bahwa saya harus pergi ke loketpengecekkan Pajak Progresif. Mimpi buruk pun dimulai dan kesabaran sudah mesti disiapkan. Terbayang pada saat masuk pintu masuk banyak yang antri untuk pengecekkan pajak progresif ini. Ternyata ini merupakan bagian prosesnya. Ya sudah saya pergi ke lantai dasar dulu untuk menaruh dokumen di loket Pengecekkan Pajak Progressif. Tumpukannya uda banyak dan orang-orang yang menunggu pun sudah banyak.
Menunggu untuk nama saya dipanggil..
Parjo,, H Namin…, ….. , the last Moh eka nugraha. Cepat juga ,kurang lebih 10 menit untuk mendapatkan cap pengecekkan pajak progressif. Setelah itu saya bergegas kembali ke lantai 2.
Lantai 2.
Saya menaruh berkas dokumen yang sudah lengkap dengan cap-cap ke loket perpanjang STNK . Setelah itu saya tunggu di loket sebelahnya yakni kasir/Pembayaran. Disinilah kesabaran kita mesti bersabar. Kenapa selain tempat duduk terbatas Ruangan terbatas yang antri bejibun.. Petugas dan sebagian orang bilang jangan berdiri di depan loket. Namun banyak yang masih, kemungkinan apakah tidak ada tempat lagi atau gimana. Menunggu nama demi nama, menit demit menit sampai masuk satu jam. Saya menaruh berkas kira-kira jam setengah sepuluh. Selama setengah jam saya perhatiin nama yang dipanggil berkisar 5 orang pertama, sampai 20 orang. Jadi selama setengah jam yang dipanggil hanya sampai kurang lebih 20 orang sedangkan yang menunggu ampe puluhan orang. Wuih benar-benar deh.
Waktu menunjukkan setengah sebelas lewat. Akhirnya nama saya pun dipanggil. Lega juga akhirnya dipanggil. Namun ternyata ada perjuangan lagi selain menunggu yaitu menuju pintu loket. Karena banyak orang yang antri di depannya.
Dengan susah payah akhirnya saya masuk di posisi depan kasir. Didepan kasir saya masih kena terobos dengan orang lain, karena nama-nama yang dipanggil adalah berkisar 5 orang termasuk nama saya. Saya berusaha memberi kan resi pengesahan dokumen dan nama ke petugas. Akhirnya dilayani juga. Berikut Cuplikannya
  • Saya  : Mba ini resi nya ,.
  • Petugas 326000 rupiah.
  • Saya ,. Saya posisikan diri agar dompet bisa saya ambil, karena kalau salah posisi untuk ambil dompet aja akan kesulitan. Wuiiih..  Saya berikan ke kasir petugas sebesar33000 rupiah.
  • Petugas , Memberikan kembalian dan cap pelunasan di surat resi..
Akhirnya usai sudah penderitaan dengan menunggu di loket pembayaran. Tiba saat nya untuk mengambil STNK. Kali ini pengambilan STNK tidak bisa diambil diloket sebelahnya namun di lantai dasar.
Lantai 1 / Dasar
Untuk menunggu pengambilan STNK ternyata tempatnya lebih baik, selain yang antri sedikit disediakan tempat duduk juga. Akhirnya tinggal tunggu aja, selang 12 menit nama saya sudah dipanggil di loket pengambilan STNK.
Alhamdulillah ,. Lulus juga menjalani perjuangan perpanjangan STNK ini.
Semoga SAMSAT Bekasi Bisa lebih baik lagi.
Cerita Editann :
  • Pada saat menunggu di loket Pengecekkan Pajak Progresif : Ada Orang yang memiliki kendaraan lebih dari satu , harus memasuki ruang pajak Progresif, untuk di proses lebih lanjut.
  • Saat menunggu pembayaran : banyak orang yang menaruh dokumen di loket pemabayaran, dan pada loket pengesahan pun ternyata banyak orang yang belum melakukan verifikasi dokumen seperti pajak progresif maupun legalisir dokumen dari leasing, sehingga mereka mesti ngantri lagi setelah mendapatkan cap-cap demikian.
  • Ada ibu-ibu yang sepertinya ingin lewat belakang , namun ternyata tidak bisa. Ikut ngantri juga.
  • Pas tunggu ambil STNK ada wawancara dari lembaga survey pemerintah jabar. Wah bagus juga nie, pemerintah beritikad baik untuk memperbaiki keadaan birokrasinya.


EmoticonEmoticon